JavaScript is required to view this page. Teknik Membaca Cepat

Jumat, 03 September 2010

Teknik Membaca Cepat

Bagaimanakah membaca cepat itu dilakukan? Ada dua teknik membaca cepat yang perlu Anda kuasai, yaitu pelayapan (skimming) dan pemindaian (scanning). Pelayapan adalah upaya untuk mengambil intisari dari suatu bacaan, berupa ide pokok atau detail penting. Ide pokok atau detail penting tersebut dapat berada di awal, di tengah, atau di akhir. Agar Anda mendapatkan hasil yang baik pada saat melakukan pelayapan,
Anda perlu menempuh langkah-langkah sebagai berikut
1. Buatlah pertanyaan, apa yang Anda cari atau perlukan?
2. Bila yang Anda baca adalah buku, lihatlah daftar isi atau kata pengantar, dan carilah kemungkinan informasi yang Anda perlukan!
3. Telusuri secara teliti dan seksama dengan kecepatan tinggi setiap baris bacaan. Untuk sebuah buku, yang ditelusuri mungkin bukan baris melainkan paragraf atau subbab.
4. Berhentilah bila Anda menemukan kalimat atau judul yang Anda perlukan.
5. Bacalah dengan kecepatan normal dan pahami dengan baik apa yang Anda cari itu.
Pemindaian adalah teknik membaca cepat untuk memperoleh suatu informasi tanpa membaca yang lain, tetapi langsung ke masalah yang dicari, yang berupa fakta khusus atau informasi tertentu. Dalam kegiatan sehari-hari pemindaian biasanya digunakan untuk mencari:
nomor telepon, kata pada kamus, entri pada indeks, angka-angka statistik, acara siaran TV, dan daftar perjalanan.
Kalau Anda ingin mengetahui isi buku secara menyeluruh secara cepat dengan menggunakan teknik pemindaian maka Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Lihat daftar isi dan kata pengantar secara sekilas.
1. Telaah secara singkat latar belakang penulisan buku.
2. Baca bagian pendahuluan secara singkat.
3. Cari dalam daftar isi bab-bab penting yang memuat informasi yang Anda perlukan. Kemudian, carilah kalimat-kalimat penting pada halaman bab-bab yang penting tersebut.
4. Baca bagian kesimpulan (bila ada).
5. Lihatlah secara sekilas apakah ada daftar pustaka, daftar indeks, atau apendiks.

(Sumber Net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar