JavaScript is required to view this page. Tips Motivasi Diri

Senin, 19 Desember 2011

Tips Motivasi Diri

Kerap kali segala rutinitas dan berbagai masalah yang datang silih berganti membuat kita kehilangan sesuatu hall, salah satunya motivasi (tujuan) hidup agar lebih baik dalam menata kehidupan. Tiba-tiba tujuan kita redup hingga lama kelamaan menghilang.

Belajar dari sang Mursyid yang menanam motivasi dalam menjalani kehidupan, dimana saat itu Ia mengucapkan dengan sifat lemah lembut (lathif) hingga tertanam didalam benak terdalam. Kalau sudah tertanam dalam benak sebuah motivasi tentunya sangat disayangkan kalau redup dan menghilang. Apalagi kita baru saja menyadarinya.

Ada 7 cara mendapatkan kembali motivasi yang hilang :


1. Ciptakan Hasrat - Lihat imbalan dari usaha Anda secara jelas. Cara ini memberikan banyak motivasi untuk membuat rencana Anda cepat terwujud. Bayangkan rumah impian Anda setiap hari, dan ini akan memberikan Anda dorongan untuk menjadikannya nyata. Begitu juga tanamkan dan ucapkan terus dalam diri sendiri bahwa engkaulah tujuannku...engkaulah tujuanku....engkaulah tujuanku. Baca berulang-ulang.


2. Ciptakan Rasa Sakit - Dalam program Neuro-Linguistic mereka mengajarkan pada Anda untuk menghubungkan rasa sakit dengan tidak melakukan tindakan. Gambaran kekasih Anda keluar dengan orang lain, saat Anda menyaksikan itu dengan diam-diam, hal itu mungkin membuat Anda termotivasi membicarakan hal-hal yang Anda hindari dengan pasangan Anda.

3. Bicarakan Rencana Anda - Bicaralah pada pasangan Anda tentang rencana Anda, atau tuliskan dalam selembar kertas apa yang akan Anda lakukan lalu tempelkan di kulkas.

4. Miliki Sebuah Ketertarikan yang Nyata - Jika tak ada ketertarikan sama sekali Anda mungkin perlu melakukan sesuatu, untuk itu buat sebuah tujuan besar dalam pikiran Anda.

5. Miliki Energi - Kafein akan memberikan rasa sehat untuk sesaat, tapi dalam satu atau lain cara, Anda membutuhkan energi lebih sebagai motivasi untuk setiap hari, misalnya dengan olah raga atau tidur cukup.

6. Ciptakan Keseimbangan Mental - Sangat sulit untuk menemukan motivasi jika Anda dalam keadaan tertekan. Hilangkan beberapa perasaan negatif Anda, atau pada akhirnya pilih kerjakan pekerjaan penting saat Anda dalam mood yang bagus.

7. Ambil Sebuah Langkah Kecil - Lakukan pengumpulan untuk satu tas besar daun-daun di halaman. Dan denagn segera Anda akan membersihkan halaman. Setiap sebuah langkah kecil yang Anda ambil untuk mencapi tujuan akan memberikan motivasi pada Anda setiap hari. (buzz/erl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar