JavaScript is required to view this page. Jalan-jalan Buat Otak Makin Cerdas

Rabu, 07 Desember 2011

Jalan-jalan Buat Otak Makin Cerdas

Seberapa sering Anda berolahraga? Banyak orang tahu olahraga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan menjaga kebugaran. Tapi, Anda belum juga memasukkan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari. Bila tahu berjalan selama 40 menit, dapat membuat otak cerdas, akankah Anda melakukan olahraga ringan itu tiap pekan?

Sebuah penelitian yang dilakukan The Proceedings of the National Academy of Sciences menyatakan berjalan selama 40 menit sebanyak tiga kali sepekan membuat otak tak menyusut. Kemampuan organ manusia di bagian penting tersebut pun terjaga.

Bagian otak yang bernama hippocampus bertanggung jawab menyimpan kenangan. Biasanya bagian ini akan menyusut saat Anda berusia 55 atau 60 tahun. Tetapi ketika orang-orang pada usia itu diberi tugas untuk melakukan olahraga berjalan empat puluh menit sebanyak tiga kali seminggu, bagian hippocampus mereka menjadi lebih luas sebanyak 2 persen.
Hal sebaliknya terjadi, hippocampus pada subjek penelitian yang melakukan olahraga lebih ringan seperti yoga atau mengangkat beban ternyata menyusut sebesar 1,4 persen. Kedua kelompok tersebut mengalami kemajuan pada tes memorial spasial, tetapi subjek penelitian yang melakukan latihan berjalan memiliki kemajuan yang lebih baik dibandingkan subjek yang melakukan olahraga lebih ringan.

Para peneliti bergembira dengan hasil temuan ini karena bisa mencegah efek penuaan hippocampus hanya dengan olahraga ringan seperti berjalan. "Tidak perlu berolahraga dengan keras," ujar Kirk Erickson, seorang psikologis dari University of Pittsburgh pada The New York Times.

"Kami tidak ingin mengintimidasi orang-orang dengan membuat mereka berpikir bahwa mereka harus jadi binaragawan atau melakukan lari maraton," tambahnya.

Dengan hasil penelitian ini, Anda bisa membantu proses penuaan pada otak dengan melakukan kegiatan berjalan rutin selama 40 menit tiga kali seminggu. Tidak hanya kulit wajah yang harus mendapat perawatan untuk mencegah penuaan, otak Anda juga harus mendapatkan perlakuan yang sama untuk menjaga kenangan-kenangan Anda dalam waktu yang lama

Sumber : metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar