JavaScript is required to view this page. Karakter wirausaha sejati

Jumat, 12 Agustus 2011

Karakter wirausaha sejati

Secara garis besar karakter wirausaha menurut pakem literature sebagai berikut :

1. Mempunyai rasa percaya diri yang kuat, yakni tercermin dari sifat mandiri alias tidak tergantung pada orang lain, berkepribadian yang kokoh serta selalu yakin dan optimis.

2. Fokus serta berorientasi pada job dan hasil, hal ini tampak pada pribadi yang haus akan prestasi, selalu tekun dan tabah, energik serta penuh inisiatif.Memiliki tekad, motivasinya kuat dan suka bekerja keras tidak kenal waktu. Karakter tersebut untuk meraih orientasi pada profit (hasil).

3. Berani mengambil risiko dan piawai dalam mengelola risiko bisnis, serta menyukai tantangan.

4. Leadership menonjol, yang ditandai dengan kemampuan memimpin sekelompok tim, gemar bergaul dengan orang lain, serta tidak alergi terhadap saran dan kritik konstruktif.Berani mengakui kekurangannya, selalu terbuka dengan hal-hal baru (open mind).

5. Idea yang dimunculkan selalu orisinil, karena dipenuhi karakter inovatif (pembaharu), berpikiran kreatif, selalu fleksibel dalam bertindak.Mempunyai banyak sumber informasi, mayoritas mumpuni/serba bisa dalam aspek bisnis, serta mempunyai knowledge yang beragam.

6. Selalu berorientasi ke masa depan dan pikirannya selalu begerak dinamis.

Dari pengalaman pribadi sebagai pengusaha, pada saat start up bisnis, tidak semua karakter tersebut saya miliki dengan skor tinggi, ada beberapa karakter yang masih dalam proses pembentukan.

Proses pembentukan karakter baru yang harus dilalui dengan berjalan tertatih-tatih, penuh kerikil tajam dan jatuh bangun beberapa kali.

Pada praktek kehidupan sehari-hari, karakter-karakter tersebut dapat dibentuk, yakni dengan cara mulai dilatih sejak dini dengan serius, tekun dan tabah menghadapi "cobaan".

Dan hebatnya.... seiring dengan berjalannya waktu, proses pembentukan karakter akan muncul otomatis tanpa kita sadari.

Apabila sudah rajin berlatih dan belajar mengasah karakter-karakter pengusaha, bersiaplah apabila kelak anda akan selalu merasa :

** Self confidence
** Results oriented
** Risk taker
** The leader
** Innovative, dan
** Future oriented.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar