JavaScript is required to view this page. 5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Minggu, 08 Januari 2012

5 Hal Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Semua orang pasti ingin bahagia dalam hidupnya. Namun seringkali kita tidak tahu bagaimana cara membuat hidup kita lebih bahagia. Terkadang kita berfikir bahwa kita bisa bahagia jika kita mendapatkan atau meraih sesuatu yang besar dan hebat. Namun beberapa riset menunjukkan bahwa hanya dengan melakukan beberapa hal sederhana, kita dapat membuat hidup kita lebih bahagia.

1. Lakukan 1 hal kecil setiap hari

Dengan melakukan rutinitas sederhana yang ringan dan Anda lakukan setiap hari, misalnya jalan-jalan di taman, bertemu dengan teman-teman dsb, akan membuat hari-hari Anda lebih menyenangkan. Steve Chandler, dalam bukunya Reinventing Yourself, membuat diri kita mengharapkan sesuatu yang kita nanti-nantikan akan membuat tubuh melepaskan aliran endorphins yang menimbulkan perasaan senang, yang berpengaruh terhadap emosi, kinerja, dan segala interaksi dengan orang lain.

2. Ciptakan perubahan

Untuk mencipyakan suasana yang berbeda, Anda tidak perlu pergi ke tempat pariwisata. Culup dengan memasang foto pemandangan tempat wisata, yang berupa gunung ataupun pantai. Atau Anda juga bisa memasang foto keluarga ketika berlibur. Berbagai studi menyatakan, memandang gambar yang indayh atau penuh kenangan indah, dapat membuat Anda merasa bahagia.

3. Lakukan sesuatu yang baru

Melakukan rutinitas kerja yang itu-itu saja, dan tempat tinggal yang monoton dapat membuat kita jenuh dan bosan. Melakukan aktivitas baru, misalnya mencoba olah raga baru atau menata ulang ruang keluarga Anda, akan menimbulkan sensasi tertentu dan membuat Anda merasa senang. Para ahli menyatakan, orang yang sering melakukan hal-hal baru akan lebih kuat dibandingkan orang yang hanya melakukan rutinitas yang monoton.

4. Selesaikan sesuatu yang tertunda

Pekerjaan ataupun tugas yang tertunda akan membuat kita cemas dan tidak tenang. Semakin kita menunda pekerjaan, maka kita akan semakin tidak nyaman. Segera selesaikan pekerjaan dan tugas yang tertunda. Setelah Anda selesai mengerjakan pekerjaan tersebut, maka Anda akan merasa lega dan gembira.

5. Berikan senyum dan kata-kata yang manis kepada semua orang

Dengan mengucapkan kata-kata yang manis, orang lain pun akan membalas dengan manis pula. Misalnya Anda akan duduk di dalam bis, jika Anda mengucapkan permisi dan tersenyum, maka orang di sebelah Anda pun akan bersikap manis terhadap Anda. Jika Anda selalu bersikap manis dimana pun Anda berada, maka Anda akan selalu merasa senang, karena orang-orang yang Anda temui juga bersikap manios terhadap Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar